Keistimewaan Dan Keunggulan Kopi Luwak Lampung Robusta

Desember 04, 2018
Tahukah Anda bahwa Lampung menjadi sentra penghasil kopi luwak terbaik? Memang kini pangsa pasar kopi luwak Lampung tak setenar dahulu karena sudah mulai banyak sentra penghasil kopi luwak yang tersebar di beberapa penjuru negeri mulai dari Sumatera, Jawa hingga Sulawesi. Meski begitu, kenikmatan kopi luwak Lampung tetaplah melegenda.

Salah satu daerah di Lampung yang dijadikan sebagai sentra kopi robusta dan kopi luwak adalah kabupaten Lampung Barat. Biji yang dihasilkan memiliki rasa yang khas dan kualitas yang bagus, hal inipun telah diakui oleh banyak negara.

Dulunya perkebunan kopi di kawasan Lampung Barat umumnya ditanami kopi robusta dan arabika. Namun hanya sebagian kecil yang ditanami kopi arabika karena jenis kopi ini kurang baik ditanam di kawasan Lampung Barat.

Mayoritas perkebunan kopi yang menghasilkan kopi robusta inilah yang kemudian membuat para pengrajin kopi untuk meningkatkan mutu kopi luwak. Sekarang ini mereka lebih fokus kepada mutu daripada kuantitas.



Perbedaan kopi luwak Lampung dengan kopi biasa

Perbedaan rasa atau aroma mungkin tidak terlalu diketahui oleh mereka yang tidak begitu suka kopi. Namun untuk mereka yang sangat mencintai kopi, rasa kopi luwak dan kopi biasa tentulah berbeda.
Ada beberapa perbedaan antara kopi luwak dan kopi biasa yang bisa Anda jadikan sebagai perbandingan antara lain:
  • Proses Pemilihan Biji kopi
Kopi luwak biasanya menggunakan biji kopi terbaik yakni biji kopi arabika atau robusta. Jika biasanya pemilihan biji kopi menggunakan mesin atau manusia, maka untuk biji kopi luwak pemilihan biji terbaik menggunakan insting luwak itu sendiri. 
Luwak memiliki kemampuan untuk memilih biji terbaik yang matang sempurna.
  • Proses Pengolahan
Pengolahan dari biji biasa dan biji luwak ini mirip. Bedanya, biji kopi luwak dipanen dari kotoran luwak yang dicuci, dikeringkan dan baru dikemas. Perbedaan lainnya yakni dari proses fermentasinya. Jika biji kopi biasa difermentasikan dalam wadah khusus yang terbuat dari semen atau kayu selama sekitar 12-24 jam. Maka fermentasi untuk kopi luwak ini terjadi di dalam perut luwak. Konon fermentasi menggunakan perut luwak ini sama dengan fermentasi biasa yang dilakukan dalam kurun 5-8tahun.
  • Harga
Proses yang lama dan tidak biasa ini membuat harganya juga sangat tidak biasa. Jika kopi biasa dihargai 100 ribu, maka kopi luwak dihargai hingga 1 juta untuk tiap kilonya. Ini sebanding dengan aroma, rasa serta proses.

Kopi Luwak Lampung – Harga Premium Kualitas Premium

Kopi luwak Lampung memiliki rasa yang nikmat dengan mutu terbaik. Tak heran karena dalam proses pembuatannya benar-benar diperhatikan. Mulai dari pemeliharaan musang hingga pemilihan biji kopi terbaik sebagai makanannya. Standar pengolahanpun ditingkatkan khususnya kebersihan serta cita rasa.

Kopi luwak Lampung memang memiliki harga yang tinggi. Sebenarnya ini hal yang wajar mengingat biaya produksi kopi luwak juga sangat mahal. Meski begitu harga yang tinggi ini sesuai dengan cita rasa dan aroma yang disajikan oleh kopi luwak Lampung. Benar-benar rasa kopi premium.

Kini untuk mendapatkan kopi luwak asli Lampung, Anda sudah tidak perlu datang langsung ke Lampung. Kemudahan teknologi memudahkan siapapun melakukan transaksi jarak jauh. Cukup dengan modal smartphone, Anda bisa mendatangkan kopi luwak Lampung kerumah.

Meski begitu, sebagai pembeli yang cerdas, pastikan mengecek keaslian produk kopi luwak Lampung yang ingin anda beli. Cek dahulu testimoni dari pembeli sebelumnya sebelum memutuskan untuk membeli.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.